Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bahasa Inggirs SMA/MA | pdf

Penelitian tindakan kelas atau kita lazim menyingkatnya menjadi 'PTK' merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh guru yang berada di luar rutinitas harian yang dilakukan oleh guru. PTK sendiri secara normatif dilakukan untuk memperoleh umpan balik dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pada umumnya, ia digunakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari sisi teknik, strategi, metode, atau model pembelajaran.

Aktivitas yang berada di luar rutinitas ini sering dianggap sebagai hambatan bagi para guru. Hambatan tersebut bisa disebabkan oleh keterbatasan waktu dan keengganan untuk membuat karya ilmiah yang memang tidak mudah untuk memulai dan kemudian menyelesaikannya. Keterbatasan waktu merupakan alasan yang klasik mengingat aktivitas rutin guru sendiri sangat menyita waktu, mulai dari mengajar hingga pekerjaan administratif lainnya. Banyak pula rekan guru yang menganggap bahwa PTK merupakan hal yang sulit dilakukan karena keterbatasan mereka terhadap pemahaman atas PTK itu sendiri. Berdasarkan observasi singkat saya, keterbatasan pemahaman rekan guru terhadap PTK lebih disebabkan oleh keengganan atau sikap apatis mereka terhadap aktivitas penelitian tindakan kelas ini. Dengan kata lain, para rekan telah terlanjur mempunyai stigma bahwa penelitian merupakan hal yang tidak mudah dikerjakan.

Tulisan kali ini berusaha mengisi kesenjangan atas persepsi bahwa PTK, dalam hal ini penelitian tindakan kelas Bahasa Inggris untuk SMA/MA, adalah hal yang sulit dilakukan. Cara kami mengisi ruang kesenjangan tersebut adalah dengan menghadirkan beberapa contoh judul penelitian tindakan kelas Bahasa Inggris untuk SMA dan MA. Dengan membaca referensi atau bahan rujukan dari situsweb ini, harapan kami adalah bahwa paling tidak para guru Bahasa Inggris SMA/MA dapat menemukan inspirasi untuk mengerjakan PTK.
Berikut adalah beberapa contoh judul penelitian tindakan kelas (PTK) Bahasa Inggris untuk SMA/MA. Klik pada judul untuk mengunduh (download). File atau berkas dalam format pdf.


















Demikian contoh-contoh judul Contoh Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bahasa Inggris Untuk SMA/MA dalam format pdf. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bahasa Inggirs SMA/MA | pdf "

Post a Comment